Pengertian Management Letter
Pengertian Management
Lettermerupkan suatu surat yang dibuat oleh Kantor Akuntan Publik (KAP), ditujukan
kepada manajemen perusahaan yang diperiksa laporan keuangannya (di audit), yang
isinya memberitahukan kelemahan dari pengendalian intern perusahaan (baik
material maupun immaterial weaknesses) yang ditemukan selama pelaksanaan
pemeriksaan, disertai dengan saran-saran perbaikan dari KAP.
Pengertian Management letter mempunyai banyak manfaat
untuk klien tetapi untuk KAP dan staf (anggota tim pemeriksa) dari KAP, antara
lain:
1. Untuk klien:
a. dapat mengetahui kelemahan-kelemahan yang terdapat
dalam pengendalian intern perusahaannya.
b. dalam mengambil tindakan-tindakan perbaikan untuk
mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut, berdasarkan saran-saran yang diberikan
dalam managemen letter, sehingga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya
kesalahan dan kecurangan di dalam perusahaan.
2. Untuk KAP :
a. menjadikan nama kantor akuntan public menjadi
bertambah baik, karena disamping laporan pemeriksaan akuntan, juga memberikan
management letter yang sangat bermanfaat bagi perusahaan.
b. jika manajemen perusahaan puas, tentunya akan
menyarankan kepada teman-teman bisnisnya untuk memakai jasa kantor akuntan
public tersebut.
c. jika teman-teman bisnis tersebut tertarik, tentunya
akan menambah jumlah klien kantor akuntan public.
3. Untuk staf kantor akuntan public (anggota tim
pemeriksan):
a. jika klien kantor akuntan public bertambah,
tentunya kesejahteraan pegawai dapat lebih ditingkatkan.
b. mendapat banyak kesempatan untuk mempelajari
pengendalian intern diberbagai macam/jenis perusahaan.
c. mendapat kesempatan untuk mempelajari bagaimana
membuat management letter yang baik.
Dari pembahasan tersebut diatas dapat ditarik beberapa
kesimpulan:
1. Pengertian Management Letter merupakan suatu alat komunikasi
antara kantor akuntan public dengan maajemen perusahan yang diaudit, mengenai
pengendalian intern dan kelemahan-kelemahan yag terdapat dalam pengendalian
intern perusahaan.
2. Management Letter merupkan dokumentasi tertulis
mengenai kelemahan pengendalian intern yang pernah dibicarakan dan disarankan
perbaikan kepada klien. Sehingga jika dikemudian hari ada kecurangan yang
merugikan perusahan karena kelemahan pengedalian intern yang belum diperbaiki,
akuntan public tidak bisa disalahkan.
3. Management Letter bermanfaat baik bagi perusahan
yang diaudit, kantor akuntan public, maupun staf kantor akuntan public.
4. Management Letter dapat merupakan”iklan tidak
langsung” bagi kantor akuntan public.
5. Semua kantor akuntan public harus membiasakan diri
untuk memberikan management letter yang baik dan bermanfaat bagi kliennya.
#pengertiandamanagement
0 komentar:
Posting Komentar