Pengertian Quality Management
Pada dasarnya manajemen kualitas (Pengertian Quality Management)
atau manajemen kualitas terpadu (total quality management) didefinisikan
sebagai suatu cara untuk meningkatkan performansi secara terus menerus
(continuous performance improvement) pada setiap level operasi atau proses,
dalam setiap area fungsional dari suatu organisasi, dengan menggunakan semua
sumber daya manusia dan modal yang tersedia.
ISO 8402 (quality vocabulary)
mendefinisikan “Pengertian Quality Management" sebagai semua aktivitas dari fungsi manajemen secara
keseluruhan yang menentukan kebijaksanaan kualitas, tujuan-tujuan dan tanggung
jawab, serta mengimplementasikannya melalui alat-alat seperti perencanaan
kualitas (quality planning), pengendalian kualitas (quality control), jaminan
kualitas (quality assurance) dan peningkatan kualitas (quality improvement).
Tanggung jawab untuk manajemen kualitas ada pada semua level dari manajemen,
tetapi harus dikendalikan oleh manajemen puncak (top management), dan
implementasinya harus melibatkan semua anggota organisasi.”
Dr. Joseph M. Juran adalah salah
seorang guru memberikan definisi Pengertian Quality Management sebagai suatu kumpulan aktivitas
yang berkaitan dengan kualitas tertentu yang memiliki karakteristik:
- Kualitas menjadi bagian dari setiap agenda manajemen atas.
- Sasaran kualitas dimasukkan dalam rencana bisnis.
- Jangkauan sasaran diturunkan dari benchmarking: fokus adalah pada pelanggan dan pada kesesuaian kompetisi; disana adalah sasaran untuk peningkatan kualitas tahunan.
- Sasaran disebarkan ke tingkat yang mengambil tindakan.
- Pelatihan dilaksanakan pada semua tingkat.
- Pengukuran ditetapkan seluruhnya.
- Manajer atas secara teratur meninjau kembali kemajuan dibandingkan dengan sasaran.
- Penghargaan diberikan untuk performansi terbaik.
- Sistem imbalan (reward system) diperbaiki.
0 komentar:
Posting Komentar