Jumat, 29 Agustus 2014

Pengertian Quality Management


Pengertian Quality Management 

Pada dasarnya manajemen kualitas (Pengertian Quality Management) atau manajemen kualitas terpadu (total quality management) didefinisikan sebagai suatu cara untuk meningkatkan performansi secara terus menerus (continuous performance improvement) pada setiap level operasi atau proses, dalam setiap area fungsional dari suatu organisasi, dengan menggunakan semua sumber daya manusia dan modal yang tersedia.
ISO 8402 (quality vocabulary) mendefinisikan “Pengertian Quality Management" sebagai semua aktivitas dari fungsi manajemen secara keseluruhan yang menentukan kebijaksanaan kualitas, tujuan-tujuan dan tanggung jawab, serta mengimplementasikannya melalui alat-alat seperti perencanaan kualitas (quality planning), pengendalian kualitas (quality control), jaminan kualitas (quality assurance) dan peningkatan kualitas (quality improvement). Tanggung jawab untuk manajemen kualitas ada pada semua level dari manajemen, tetapi harus dikendalikan oleh manajemen puncak (top management), dan implementasinya harus melibatkan semua anggota organisasi.”
Dr. Joseph M. Juran adalah salah seorang guru memberikan definisi Pengertian Quality Management sebagai suatu kumpulan aktivitas yang berkaitan dengan kualitas tertentu yang memiliki karakteristik:

  • Kualitas menjadi bagian dari setiap agenda manajemen atas.
  • Sasaran kualitas dimasukkan dalam rencana bisnis.
  • Jangkauan sasaran diturunkan dari benchmarking: fokus adalah pada pelanggan dan pada kesesuaian kompetisi; disana adalah sasaran untuk peningkatan kualitas tahunan.
  • Sasaran disebarkan ke tingkat yang mengambil tindakan.
  • Pelatihan dilaksanakan pada semua tingkat.
  • Pengukuran ditetapkan seluruhnya.
  • Manajer atas secara teratur meninjau kembali kemajuan dibandingkan dengan sasaran.
  • Penghargaan diberikan untuk performansi terbaik.
  • Sistem imbalan (reward system) diperbaiki.

 

#pengertiandarimanagement

0 komentar:

Posting Komentar