Pengertian New Public Management
Pengertian New Public Management
(NPM) adalah suatu sistem manajemen desentral dengan perangkat-perangkat
manajemen baru seperti controlling, benchmarking dan lean management. NPM
dipahami sebagai privatisasi sejauh mungkin atas aktivitas pemerintah. NPM
secara umum dipandang sebagai suatu pendekatan dalam administrasi publik yang
menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dalam dunia manajemen
bisnis dan disiplin yang lain untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas kinerja
pelayanan publik pada birokrasi modern. Pengertian New Public Management ini telah mengalami berbagai
perubahan orientasi menurut Ferlie, Ashbuerner, Filzgerald dan Pettgrew dalam
Keban (2004 : 25), yaitu:
- Orientasi The Drive yaitu mengutamakan nilai efisiensi dalam pengukuran kinerja.
- Orientasi Downsizing and Decentralization yaitu mengutamakan penyederhanaan struktur, memperkaya fungsi dan mendelegasikan otoritas kepada unit-unit yang lebih kecil agar dapat berfungsi secara cepat dan tepat.
- Orientasi in Search of Excellence yaitu mengutamakan kinerja optimal dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Orientasi Public Service yaitu menekankan pada kualitas, misi dan nilai-nilai yang hendak dicapai organisasi publik, memberikan perhatian yang lebih besar kepada aspirasi, kebutuhan dan partisipasi “user” dan warga masyarakat, termasuk wakil-wakil mereka menekankan “social learning” dalam pemberian pelayanan publik dan penekanan pada evaluasi kinerja secara berkesinambungan, partisipasi masyarakat dan akuntabilitas.
Pelajaran penting yang dapat diambil
dari Pengertian New Public Management ini adalah bahwa pembangunan birokrasi harus memperhatikan mekanisme
pasar, mendorong kompetisi dan kontrak untuk mencapai hasil, harus lebih
responsif terhadap kebutuhan pelanggan, harus lebih bersifat mengarahkan
(steering) dari pada menjalankan sendiri (rowing), harus melakukan deregulasi,
memberdayakan para pelaksana agar lebih kreatif, dan memekankan budaya
organisasi yang lebih fleksibel, inovatif, berjiwa wirausaha dan pencapaian
hasil ketimbang budaya taat asas, orientasi pada proses dan input (Rosenbloom
& Kravchuck, 2005).
0 komentar:
Posting Komentar